Rabu, 18 April 2012

Rasisme Sepak Bola dan EURO 2012

Apa itu arti kata dari Rasisme ? apa kaitannya Rasisme Sepak Bola dan EURO 2012 ? Menurut Wikipedia, pengertian Rasisme adalah sistem kepercayaan atau doktrin yang membedakan perbedaan biologis pada manusia baik itu warna kulit, warna rambut, warna mata, dll. Rasisme juga dapat diartikan sebagai paham diskriminasi suku, agama dan ras (SARA), golongan ataupun ciri-ciri fisik umum untuk tujuan tertentu.

Rasisme Sepak Bola

Rasisme kerap menjadi pendorong diskriminasi sosial pada pertandingan sepak bola. Seperti yang sering terjadi di liga Inggris akhir-akhir ini. Perdana menteri Inggris, David Cameron mengatakan “skandal rasisme di sepak bola Inggris jangan sampai menarik Inggris kembali ke masa lalu yang buruk” Dalam tulisannya di koran The Sun yang diterbitkan Rabu 22 Februari, Cameron menegaskan rasisme saat muncul lagi menjadi perhatian.

Sejarah Rasisme pada Sepak Bola Inggris

Sebelumnya saya pernah membahas tentang Kasus rasisme yang mana Rasisme ini bermula di Inggris berawal dari datangnya para imigran kulit hitam yang berasal dari Karibia dan Afrika dipertengahan antara tahun 1950-1960, dan diawal tahun 1970an yang berasal dari Asia. Inggris merupakan negara yang pluralis memiliki masyarakat yang terdiri dari bermacam-macam etnis, agama, atau ras. Sehingga Inggris disebut juga sebagai negara yang pluralistik. Orang-orang dari Afrika, Karibia dan Asia tadi datang ke Inggris dengan berbagai tujuan. Mulai dari yang ingin terbebas dari permasalahan yang melanda negara mereka berasal, ingin memperoleh pekerjaan yang layak, sampai kepada ingin memperoleh pendidikan yang layak di tanah Inggris. Mereka juga terlibat dalam berbagai bidang kehidupan di Inggris, seperti bidang olahraga. Terutama adalah sepakbola. Orang-orang Afrika dan Asia gemar bermain sepakbola dan kegemaran mereka akan olahraga sepakbola ini tersalurkan dan berkembang di Inggris, mengingat Inggris memiliki kompetisi sepakbola yang baik dan terkenal di dunia, yaitu kompetisi sepakbola liga Inggris atau Premiership League. Inggris juga merupakan negara asal muasal sepakbola modern di dunia.

Rasisme EURO 2012

Cabang olahraga yang paling disorot akibat tindakan rasisme adalah sepak bola, karena di cabang olahraga ini telah banyak tindakan rasisme yang dilakukan oleh para pemain sepak bola ataupun suporter klub sepak bola. Di beberapa sumber yang saya ikuti mengatakan “ada ketakutan akan terjadinya tindakan rasisme pada Piala EURO 2012 nanti” Namun seperti yang pernah saya katakan pada postingan Betwin188.com Agen Bola Terbaik Dukung Anti Rasisme EURO 2012 yang membahas Anti Rasisme bahwa kita harus selalu optimis untuk kesuksesan gelaran Piala Euro 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar