Rabu, 18 April 2012

Bagaimana cara mengontrol bola dengan paha

Bagi sebagian orang bermain sepakbola adalah hal yang mudah, tetapi bagi yang lain mungkin sulit. Dalam bermain sepakbola bagian tubuh yang paling sering digunakan adalah kaki. Hampir semua gerakan atau tindakan dalam bermain sepakbola menggunakan kaki, menendang bola, mengoper, mengontrol, mengumpan ataupun mencetak gol ke dalam gawang. Kita juga dapat menggunakan bagian tubuh yang lain pada saat-saat tertentu seperti menggunakan tangan untuk melakukan lemparan ke dalam, mengontrol bola dengan dada, kepala dan juga paha. Tetapi untuk menggunakan bagian tubuh yang lain ini dalam bermain sepakbola anda harus sering melatihnya. Berikut ini adalah beberapa panduan yang dapat anda gunakan untuk melatih kemampuan anda mengontrol bola dengan paha.
  • Saat anda berlatih sepakbola sebaiknya menggunakan perlengkapan sepakbola secara lengkap mulai dari sepatu bola, kaos kaki, celana olah raga dan kaos bola. Anda juga harus berlatih di lapangan sepakbola agar anda memiliki area terbuka yang cukup luas dan lapang untuk berlatih. Anda juga harus melakukan latihan bersama teman-teman anda agar lebih mudah bagi anda melatih teknik mengontrol dan menahan bola dengan paha.
  • Semakin sering anda berlatih dan mempraktekkan teknik menahan dan mengontrol bola dengan paha, maka kemampuan anda akan semakin meningkat. Sebelum melakukan latihan jangan lupa untuk pemanasan terlebih dahulu untuk menjaga anda terhindar dari cidera dan cepat kelelahan.
  • Menahan dan mengontrol bola dengan paha. Biasanya menahan dan mengontrol bola dengan paha dilakukan apabila kita menerima bola-bola lambung dari jarak jauh yang ditendang oleh teman kita. Sebaiknya anda melakukan latihan teknik ini bersama teman anda. Sebagai latihan awal, atur jarak posisi anda dengan teman anda tidak terlalu jauh. Kemudian minta dia menendang bola lambung dan cukup tinggi ke arah anda, setelah bola mendekat ke arah anda, angkat salah satu paha anda untuk mendekat ke arah bola sehingga bola dapat mendarat tepat di paha anda. Pastikan bola mendarat tepat di daerah paha anda agar bola tidak memantul jatuh ke tanah dan menjauh dari posisi anda, karena pada saat anda melakukan hal itu pada pertandingan resmi, bola anda akan dengan mudah direbut oleh lawan anda.
  • Lakukan hal ini secara berulang-ulang hingga anda terbiasa melakukannya. Anda juga dapat mengatur jarak anda dan teman anda lebih jauh agar anda juga dapat menahan dan mengontrol bola apabila ditendang dari jarak jauh.
Pada akhirnya apabila anda terus secara rutin mengasah kemampuan teknik anda dalam menahan dan mengontrol bola dengan paha, anda akan mendapatkan keuntungan yaitu pada saat melakukan pertandingan resmi anda tidak akan kesulitan untuk menahan dan mengontrol bola-bola lambung yang diumpan dari jarak dekat maupun jauh.

Tulisan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar